PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SDN 19

Authors

  • ahmad aniffussalam stkip ydb lubuk alung

Keywords:

Model Pembelajaran Tematik, IPA, Hasil Belajar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian adalahsemua Peserta didik kelas IV SD 19 1V Koto Aur Malintang.2019/2020.Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel penelitian adalah kelas IV1sebagai kelas eksperimendan kelas IV2sebagai kelas kontrol.Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes objektif.Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan uji t, karena data terdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis data didapat rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif di kelas eksperimen (82,7) dandi kelas kontrol (71,5). Hasil statistik uji-t diperoleh th= (4,16) dan tt = 2,02 (th > tt ), pada taraf nyata 0,05 dengan tingkat kepercayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Hi diterima. kesimpulannya adalah terdapat pengaruh model pembelajaran tematik terhadap hasil belajar IPA SD N 19   Koto Aur Malintang.

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Articles