HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA
Keywords:
Tingkat Pendidikan Orang Tua, Kebiasaan Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Enam Lingkung danĀ (2) hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Enam Lingkung. Jenis penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Enam Lingkung. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 60 peserta didik kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Enam Lingkung yang ditunjukan dengan nilai thitung (0,7964) lebih kecil dari ttabel (1,671) pada taraf signifikan 5%. (2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Enam Lingkung yang ditunjukan dengan nilai thitung (-0,573) lebih kecil dari ttabel (1,671) pada taraf signifikan 5%.