PENGARUH BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Authors

  • Imalatunil khaira Khaira Stkip ydb lubuk alung

Keywords:

Blended Learning, Google Classroom, Hasil belajar peserta didik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 VII Koto Sungai Sarik. Permasalahan ini ditandai dengan kurangnya waktu guru dalam menjelaskan dikarenakan pandemi covid-19 saat ini. Akibat pandemi ini, tidak adanya pertemuan langsung yang membuat guru menggunakan aplikasi yang sesuai dengan teknologi saat ini. Kurangnya pemahaman guru tentang penggunaan ilmu teknologi menjadi penghambat proses pembelajaran. Semakin sulitnya pembelajaran, maka minat belajar peserta didik menjadi kurang. Peserta didik menganggap pelajaran fisika sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Berdasarkan latar belakang masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning menggunakan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 VII Koto Sungai Sarik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 28 peserta didik dan sample penelitian berjumlah 28 orang. Metode pengambilan sample dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Rancangan penelitian yang digunakan adalah postest only control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif. Uji instrumen dilakukan uji validasi, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, yang sebelumnya harus memenuhi syarat normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran blended learning menggunakan aplikasi google classroom dengan hasil belajar fisika kelas X MIPA SMAN 2 VII Koto Sungai Sarik. Hal ini ditandai dengan nilai t hitung sebesar 4,131. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel model pembelajara blended learning menggunakan aplikasi gogle classroom berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik (t hitung 4,131 > t tabel 2,063).

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Articles